Artikel

Hemat. Why not???

Sabtu, Mei 03, 2014,2 Comments

Pengen beli ini itu tapi duit udah abis buat jajan sana sini? Pengen jalan-jalan ke mars tapi ga punya uang tabungan? Pernah ngerasain kayak gini? Pasti pernah.
Kita diciptakan sebagai makhluk konsumtif tingkat berat. Oleh sebab itu gue bakal ngasih sedikit tips buat kalian supaya bisa punya duit lumayan hasil jerih payah sendiri...

NGEPET

1. NABUNG
Bang bing bung yok kita nabung... begitulah kira-kira lagunya. Tapi emang bener, nabung adalah salah satu cara yang efektif buat ngumpulin duit. Tapi nabung termasuk kategori kebiasaan yang gampang-gampang susah BANGET. Nah disini gue bakal share gimana sih cara nabung yang menyenangkan ala ardien. Cekibrutttt..



Yang pertama dilakuin sebelum nabung adalah tentuin target. Misalnya lo pengen bangun rumah mewah di puncak gunung semeru pakek duit lo sendiri, atau lo pengen jalan-jalan ke bulan sambil ngajak diner gebetan di bulan. Target bakal bikin lo semangat buat nabung, beb.

Yang kedua setelah target ditentukan dilanjut ngumpulin niatnya. Percuma kalo pengen nabung tapi ga ada niat yang kuat buat nabung. Yang ada tabungan lo bakalan kembang kempis kayak orang bengek. 

Beli celengan... Yups.. Celengan mungkin agak kekanak-kanakan buat kalian. Tapi percayalah, nabung di celengan lebih menyenangkan. Pilih celengan yang terbaik. Maksudnya terbaik disini adalah, pilih celengan yang menurut lo sayang kalo dihancurkan. Misalnya cari celengan yang bentuknya kenangan manis bareng mantan jadi biar sayang kalo dihancurkan #halah

Nah, abis itu coba pahami kemampuan ekonomi diri sendiri. Jadi gini, kalo lo masih sekolah kebanyakan duit masih minta ortu. Nah itung kemampuan ekonomi kalian dari uang saku. Jangan pernah menabung diluar kemampuan diri sendiri, yang ada ntar lo bakalan kurang gizi gara-gara duit jatah buat makan lo masukin celengan.

Pilih dari uang kertas seribuan sampe seratus ribuan yang paling lo suka. Saran dari gue sih kalo lo masih anak sekolah, anak kuliahan dan anak kos lebih baik milih nominal sepulu ribu kebawah. Harus sesuai kemampuan ya milihnya. Nah, dari situ misalnya lo pilih limaribu. Setiap ada duit limaribu di dompet lo harus masukin ke celengan. Wajib dan harus konsisten. Tapi inget, harus duit lo sendiri bukan duit rakyat yang lo masukin celengan :|

2. CARI PENGHASILAN SENDIRI
Buat kalian yang udah kerja pasti udah punya penghasila sendiri dong. Tapi gimana mereka yang masih dapet jatah dari orang tua? Otomatis harus nyari penghasilan tambahan buat NABUNG dong. Ya kan.
Susah nabung karena duit tipis? Tenang, disini gue juga bakal ngeshare gimana sih caranya biar dapet duit tamahan tapi keadaan ga memungkinkan kita buat kerja (read: anak sekolahan).
Gampang... lo bisa jadi wirausaha kecil-kecilan. Ga usah bayangin yang muluk-muluk lo bakal punya perusahaan gede. Ga usah. Yuk mari kita mulai dari yang kecil-kecil saja. 
Jaman sekarang, internet bukan hal yang baru lagi buat sebagian besar penduduk di dunia. Lo baca postingan gue sekarang, juga pakek jasa internet kan? Nahhh... daripada lo ke warnet cuma nyari jodoh lewat sosmed mending manfaatin internet buat dapetin duit. 
Caranya???
Usaha olshop, usaha olshop emang lagi marak di dunia maya. Dan sangat menjanjikan. Kalo lo ga punya barang yang mau lo jual lo bisa jadi reseller. Cuma modal koneksi internet, gambar barang yang mau lo jual, kejujuran, gulug-gulung di kasur. Nahhhh... dapet duit deh. Duitnya bisa buat nabung :D

3. HEMAT
Ini yang paling dasar... Percuma lo nabung kalo ga bisa nahan nafsu buat belanja ga penting.
Mulai sekarang coba list kebutuhan kalian. Hemat bukan berarti tidak membeli apa-apa loh ya, tapi hemat itu lebih membatasi pengeluaran yang tidak penting.
Gue selalu bikin list kebutuhan yang bakal gue beli di awal bulan misalnya sabun, shampo dan segala kebutuhan yang lain.
Kalo mau hemat, setiap belanja belilah sesuatu dalam kemasan besar. Misalnya sampo, sabun, parfum, dll. Emang lebih mahal sih, tapi setidaknya lo lebih hemat beberapa persen daripada lo beli kemasan yang kecil-kecil. Selain hemat lo juga masuk dalam kategori penyelamat lingkungan. Tapi cara ini hanya berlaku untuk produk-produk tertentu yang masa pakainya jangka panjang ya. Makanan ga termasuk, kecuali mie insan.
Dan inget, kalo uang kembaliannya ada yang limaribu *misal* lo wajib masukin celengan.

Nahhh... itu 3 cara biar kita ga selalu ngarepin duit dari orang tua mulu. Oke, emang ngasih uang saku ke anak adalah kewajiban orang tua. Tapi percaya ama gue. Beli jajan, beli barang yang dipengen atau jalan-jalan kemanapun pakek duit hasil nabung dan hasil keringet sendiri itu rasanya bedaaaaaaa..... SERIUS...

Satu lagi... Jangan lupa... Seberapa banyak duit tabungan kalian ntar 2,5%nya bukan hak kalian tapi hak gue hak mereka yang lebih membutuhkan...

SELAMAT MENCOBA :D

@ardienology
 
 

You Might Also Like

2 komentar:

  1. hahaha saya lagi membayankan raut muka ketika kamu bilang WHAT !! blog nya keren lucu keren, lanjutkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih fahri :D
      Sering-sering blog walking kesini ya.hehehe

      Hapus